Eza Alhaniah Amalina (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN FUN ARABIC STUDENT SHEET (FARASSHEE) SEBAGAI ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL ULANGAN HARIAN SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH AMBARBINANGUN TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (596kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (300kB)
Bab I.pdf
Download (515kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (537kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (462kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (555kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (202kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (192kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (488kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Abstrak
Latar belakang dari skripsi ini adalah terdapat permasalahan yang terjadi pada pelaksanaan evaluasi pembelajaran bahasa Arab di SD Muhammadiyah Ambarbinangun yaitu siswa masih membutuhkan bantuan guru dalam mengerjakan ulangan harian, hal ini dikarenakan kualitas lembar ulangan harian yang dibuat guru kurang inovatif dan kreatif sehingga sulit dipahami bagi siswa tersebut . Terdapat beberapa siswa yang mendapat nilai kurang baik dari pelaksanaan ulangan harian yang dibuat oleh guru sehingga perlu adanya perbaikan dalam penyusunan lembar ulangan harian . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Fun Arabic Studen Sheet (FARASSHEE) sebagai alat evaluasi pembelajaran yang digunakan pada pelaksanaan ulangan harian bahasa Arab kelas 5 di Sekolah Dasar Muhammadiyah Ambarbinangun.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model pre-eksperimen one shot case study. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas 5 B yang berjumlah 29 orang. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas konten dan seluruh butir soal pada FARASSHEE terbukti valid. Hasil uji realibilitas menunjukkan koefisien realibilitas sebesar 0,617 dan dinyatakan realiabel. Penelitian ini menggunakan uji paired samples t test dalam menguji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan: Setelah menggunakan FARASSHEE total nilai rata-rata ulangan harian siswa kelas 5 B meningkat menjadi 67.41. Kemudian menggunakan uji paired sample t test dengan tingkat kepercayaan 95% diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001. Perolehan nilai korelasi antara kedua sampel adalah 0,516 dengan nilai signifikansi 0,004 (kurang dari 0,005). Hal ini menyatakan bahwa terdapat hubungan dan peningkatan hasil antara nilai ulangan harian sebelum menggunakan FARASSHEE dan setelah menggunakannya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 04:18 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 03:19 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/846 |