GAMBARAN SELF-DIRECTED LEARNING (SDL) PADA MAHASISWA PENDIDIKAN KLINIK PSPN FKIK UMY

Rangga Putera Anugrah Pratama (2020) GAMBARAN SELF-DIRECTED LEARNING (SDL) PADA MAHASISWA PENDIDIKAN KLINIK PSPN FKIK UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (662kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Self-Directed Learning (SDL) merupakan suatu proses pembelajaran mandiri yang terbentuk atas inisiatif diri sendiri tanpa adanya bantuan dari orang lain untuk mencapai sebuah tujuan pembelajaran tanpa tergantung pada pengajar. SDL terjadi akibat motivasi belajar yang menetap pada pembelajar dalam proses belajar. Proses belajar mandiri adalah sistem sosial seumur hidup, menurut sistem ini, pembelajaran mandiri adalah proses siklus yang terdiri dari input, proses, output, dan umpan balik. Self-Directed Learning (SDL) sangat penting untuk pengembangan sikap profesional mahasiswa keperawatan, ini memungkinkan mereka untuk memperluas pengetahuan dan meningkatkan kualitas praktik mereka.
Tujuan Penelitian: Mendapatkan gambaran tingkat Self-Directed Learning (SDL) pada mahasiswa pendidikan klinik PSPN FKIK UMY
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Dengan responden sebanyak 84 responden dengan metode simple random sampling. Kuisioner Self-Rating Scale for Self-Directedness in Learning (SRSSDL) digunakan untuk mengukur tingkat SDL mahasiswa pendidikan klinik. Analisa data pada penelitian ini menggunakan analisa univariat, yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik variabel penelitian tentang gambaran Self-Directed Learning (SDL) pada mahasiswa pendidikan klinik.
Hasil Penelitian: Hasil SRSSDL menunjukan mayoritas responden memiliki tingkat SDL yang tinggi (82,1%), adapun hasil lainnya tingkat SDL sedang (17,9%), dan tidak ditemukannya mahasiswa dengan tingkat SDL yang rendah (0%).
Kesimpulan: Tingkat SDL atau kemampuan belajar mandiri mahasiswa pendidikan klinik adalah tinggi (82,1%).

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2021 04:03
Last Modified: 25 Oct 2021 03:53
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/917

Actions (login required)

View Item
View Item