ALFIANDRY (2016) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. TRIBUN JOGJA DALAM MEMPERTAHANKAN PANGSA PASAR TAHUN 2013. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (108kB)
Halaman Judul.pdf
Download (329kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (495kB)
Abstract.pdf
Download (152kB)
Bab I.pdf
Download (436kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (249kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (790kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (93kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (12kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (174kB)
Abstract
Persaingan media massa yang semakin ketat membuat para pelaku media berlomba-lomba memaksimalkan kreatifitasnya untuk menciptakan sebuah media massa baru yang mampu menarik hati masyarakat. Koran Tribun Jogja hadir dengan konsep dan karya yang menjadi pembeda. Padahal telah banyak koran terdahulu yang menjadi pilihan masyarakat. Penelitian ini, menganalisis strategi komunikasi pemasaran PT. Tribun Jogja, dalam hal ini adalah bagaimana mempertahankan pangsa pasar tahun 2013 dengan cara memahami dan mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran Koran Tribun Jogja dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja tim redaksi Tribun Jogja dalam mengaplikasikan strategi komunikasi pemasaran Koran Tribun Jogja. Kerangka teori yang digunakan adalah strategi komunikasi, komunikasi pemasaran, Market Share, dan media dalam budaya.
Metode Penelitian yang dipakai adalah studi kasus deskriptif dan analisa secara kualitatif. Lokasi penelitian mengambil tempat di Kantor PT. Tribun Jogja, Jalan Jenderal Sudirman, No. 52, Yogyakarta. Informan yang diambil adalah orang-orang yang mempunyai kredibilitas pada koran Tribun Jogja yang mempunyai andil pada semua proses kerja PT. Tribun Jogja, yaitu Wakil Pimpinan Redaksi, Manajer Iklan, dan Staff Grafis. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data adalah teknik analisa data kualitatif dengan uji validitas data yang digunakan adalah trianggulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah, bahwa strategi komunikasi pemasaran yang terapkan dalam rangka mempertahankan pangsa pasar koran Tribun Jogja, yaitu dengan penguatan karakter atau ciri khas yang dimiliki Koran Tribun. Selanjutnya dalam pemasaran produknya, koran Tribun Jogja menggunakan konsep bauran marketing atau marketing mix, yaitu 4P, product, price, promtion and place, sehingga tribun jogja bisa sukses sampai saat ini.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Komunikasi Pemasaran, Pangsa Pasar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI KOMUNIKASI, KOMUNIKASI PEMASARAN, PANGSA PASAR. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 09:26 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 09:26 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/23727 |