PENGARUH AKTIVITAS MEMBACA BUKU DAN KEAKTIFAN DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

EKA SUPRIATNA (2016) PENGARUH AKTIVITAS MEMBACA BUKU DAN KEAKTIFAN DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (265kB)

Abstract

*18 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir kreatif mahasiswa, untuk mengetahui ada pengaruh aktivitas membaca buku terhadap berpikir kreatif mahasiswa, untuk mengetahui ada pengaruh aktif dalam diskusi ketika sedang belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa, dan untuk mengetahui yang lebih berpengaruh antara aktivitas membaca buku dan keaktif dalam diskusi ketika sedang belajar terhadap berpikir kreatif mahasiswa Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2013 Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, sebanyak 127 orang. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan dengan melakukan korelasi bivariat antara masing-masing skor indikator dengan total skor konstruk dan uji reliabilitas menggunakan alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Berpikir Kreatif mahasiswa Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berada pada kategori cukup dengan memperoleh sekor sebesar 58%. 2) Aktivitas Membaca Buku mahasiswa Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada kategori cukup dengan memperoleh sekor sebesar 64%. 3) Aktif Berdiskusi mahasiswa Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada kategori cukup dengan memperoleh sekor sebesar 67%. 4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara aktivitas membaca buku dan aktif berdiskusi terhadap berpikir kreatif mahasiswa, ditunjukan dengan signifikansi sebesar 0,000 dan didapatkan R Square sebesar 0,499 dengan demikian kontribusi sebesar 49,9% dalam mempengaruhi berpikir kreatif mahasiswa Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Dengan demikian besar pengaruh faktor lain yang mempengaruhi berpikir kreatif mahasiswa sebesar 50,1%.
Begitu juga dapat diketahui besar pengaruh aktivitas membaca buku terhadap berpikir kreatif mahasiswa sebesar 26,5%. Dan besar pengaruh keaktifan diskus terhadap berpikir kreatif mahasiswa sebesar 48,6%. Jadi dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa aktif berdiskusi lebih berpengaruh terhadap berpikir kreatif mahasiswa Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan besar pengaruh sebesar 48,6%.
Kata kunci: Berpikir Kreatif, Aktivitas Membaca Buku, Aktif Berdiskusi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *18 BERPIKIR KREATIF, AKTIVITAS MEMBACA BUKU, AKTIF BERDISKUSI
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2022 03:12
Last Modified: 03 Feb 2022 03:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/24073

Actions (login required)

View Item
View Item