PENGEMBANGAN DAN UJI COBA MODUL INTERPROFESIONAL EDUCATION (IPE) DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI ETIK/NILAI, PERAN, TANGGUNG JAWAB, KOMUNIKASI PROFESIONAL, DAN KERJASAMA TIM DI STIKES KARYA HUSADA KEDIR

NENY TRIANA (2016) PENGEMBANGAN DAN UJI COBA MODUL INTERPROFESIONAL EDUCATION (IPE) DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI ETIK/NILAI, PERAN, TANGGUNG JAWAB, KOMUNIKASI PROFESIONAL, DAN KERJASAMA TIM DI STIKES KARYA HUSADA KEDIR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (819kB)

Abstract

Dalam pembelajaran Interprofessional Education (IPE) diperlukan modul.
Dengan modul akan memberikan pengetahuan dan pemahaman yang sama antara
dosen dan mahasiswa dalam penerapan teori dan praktek pada pelaksanaan
Interprofessional Education pada malnutrisi. Tujuan Penelitian: mengembangkan
dan uji coba modul Interprofessional Education (IPE) dalam Pencapaian
kompetensi etik/nilai, peran, tanggung jawab, komunikasi profesional, dan
kerjasama tim pada malnutrisi kolaborasi mahasiswa Prodi D3 Keperawatan, D3
Kebidanan dan D3 Gizi STIKES Karya Husada Kediri.
Metode penelitian mixed- methods, Strategi Concurrent Triangulation
Strategy: pengumpulan dan analisis kuantitatif dan kualitatif dilakukan bersamasama.
Pendekatannya penelitian ini dengan action research. Sampel diambil
dengan Purposive sampling. Besar sampel 16 partisipan: Program Studi (D3
Keperawatan 8 mahasiswa, D3 Kebidanan 4 mahasiswa, D3 Gizi 4 Mahasiswa).
Dengan observasi dan wawancara, data dianalisis dengan Constant Comparative
Methode.
Hasil penelitian: Siklus 1: 1) Pengembangan modul; modul di review oleh
teman sejawat sebidang, dengan nilai 8,95. 2) Uji coba modul Interprofessional
Education, diujikan dalam pemberian kuliah dan tanya jawab 2 kali, kuliah
tutorial dengan seven jump, role play. 3) Evaluasi uji coba Modul
Interprofessional Education; dengan quesioner 99,37%, Perkuliahan tutorial, 88,6
% sangat memuaskan. Siklus 2:1) Modul sudah digunakan mahasiswa saat
mengikuti kuliah pakar 3 profesi. 2) Uji coba Modul Interprofessional Education,
dengan kuliah ceramah dan tanya jawab. 3) Evaluasi uji coba modul: dengan
wawancara dan quesioner 100% paham tentang modul Interprofesional
Education. c. Evaluasi: 100% sempurna, mahasiswa paham modul.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul Interprofessional
Education (IPE) bisa meningkatkan kompetensi nilai/etik, peran, tanggung jawab,
komunikasi interprofesi dan kerjasama tim pada malnutrisi kolaborasi
mahasiswa Keperawatan, Kebidanan dan Gizi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN, UJI COBA, EVALUASI, MODUL, KOMPETENSI, INTERPROFESSIONAL EDUCATION
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Keperawatan S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jan 2022 03:29
Last Modified: 22 Jan 2022 03:29
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25356

Actions (login required)

View Item
View Item