SITI KHABIR RASYIDA SA'IDATIN (2016) “PERSAINGAN MEMPEREBUTAN IKLAN ANTAR TABLOID” (ANALISIS PERSAINGAN PEREBUTAN IKLAN ANTAR TABLOID NOVA DAN TABLOID GENIE MENGGUNAKAN TEORI NICHE BULAN NOVEMBER 2015-JANUARI 2016). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (109kB)
Halaman Judul.pdf
Download (64kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (206kB)
Abstract.pdf
Download (73kB)
Abstract.pdf
Download (75kB)
Bab I.pdf
Download (249kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (359kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (114kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (98kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian mengenai persaingan perebutan iklan berdasarkan jenisnya, bentuknya dan lokasitarget pasarnya antar dua tabloid yaitu Tabloid Nova dan Tabloid Genie dilakukan karena kedua tabloid ini memiliki karakteristik yang sama pada jenis tabloid, rubrik dan target pembaca yang telah menjadi Tabloid Wanita dengan jumlah iklan terbanyak di antara Tabloid wanita lainnya di Indonesia. Media memiliki penunjang untuk memastikan keberlangsungan hidupnya, salah satu penunjangnya adalah iklan. Iklan diposisikan sebagai makanan penunjang keberlangsungan hidup suatu media. Untuk mendapatkan iklan tentunya setiap media akan bersaing. Semakin banyak kesamaan yang dimiliki media, semakin tinggi pula persaingan yang dilakukan untuk mendapatkan iklan karena sumbernya yang terbatas. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan Teori Niche, teori ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar persaingan di antara dua media atau lebih dari dua media. Di dalam teori ini terdapat dua pengukuran, yaitu Niche Breadth untuk mengetahui seberapa tergantung media terhadap iklan sebagai sumber makanan
penunjangnya dan Niche Overlap untuk mengetahui seberapa bersaing media-media tersebut dalam memperebutkan iklan sebagai sumber makanan penunjang keberlangsunan hidupnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Metode deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Dari data yang didapatkan selama tiga bulan, maka dapat diukur tingkat ketergantungan kedua Tabloid Nova dan Genie serta tingkat persaingan dalam memperebutkan iklan berdasarkan jenis iklannya, bentuk iklannya dan lokasi
target pasar iklannya.
Kata kunci : Persaingan Media, Deskriptif Kuantitatif, Teori Niche
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERSAINGAN MEDIA, DESKRIPTIF KUANTITATIF, TEORI NICHE |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 06:27 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 06:27 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25968 |