PEMBINGKAIAN PIDATO POLITIK MEGAWATI SOEKARNOPUTRI PADA KONGRES KE IV PDIP DALAM VIVA.CO.ID, MEDIAINDONESIA.COM DAN TEMPO.CO

ISNAIN MALIK (2016) PEMBINGKAIAN PIDATO POLITIK MEGAWATI SOEKARNOPUTRI PADA KONGRES KE IV PDIP DALAM VIVA.CO.ID, MEDIAINDONESIA.COM DAN TEMPO.CO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (625kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (625kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (646kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

*31 Penelitian ini berusaha menguraikan bingkai berita mengenai pidato politik Mega dalam tiga portal berita online dengan latar belakang kepemilikan yang berbeda. Viva.co.id dan MediaIndonesia.com merupakan aset dari politikus yang bermusuhan, pendukung dan oposisi pemerintah Jokowi. Bingkai berita kemudian dibandingkan dengan binkai berita Tempo.co yang dikenal sebagai perusahaan media yang menggunakan sistem kepemilikan perusahaan terbuka dengan tidak ada pemilik saham dominan.
Penelitian ini menggunakan metode analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicky. Objek penelitian akan diuraikan dengan pendekatan bahasa yang dibagi menjadi empat struktur yaitu strktur sintaksis, skrip, tematik dan retoris. Objek penelitian diambil sampel tiga berita dari masing-masing media online pada kurun waktu 10 April hingga 16 April 2015.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Viva.co.id membingkai pidato Mega sebagai intervensi partai terhadap pemerintah. Sedangkan MediaIndonesia menganggap pidato Mega sebagai otokritik yang dilakukan oleh Mega sebagai orang dalam pemerintah Jokowi. Dan Tempo.co membingkai pidato Mega sebagai puncak kegundahan atas hubungannya dengan Jokowi yang lebih mendengar aspirasi pihak diluar partai pengusung.
Kata kunci: Framing, Viva.co.id, MediaIndonesia.com, Tempo.co, Pidato Politik Megawati

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *31 KATA KUNCI: FRAMING, VIVA.CO.ID, MEDIAINDONESIA.COM, TEMPO.CO, PIDATO POLITIK MEGAWATI
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:57
Last Modified: 07 Jan 2022 03:57
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25999

Actions (login required)

View Item
View Item