PENGARUH KEADILAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA PEGAWAI (STUDI EMPIRIS PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN TANAH BUMBU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN)

RIZKI MUSLIM HIDAYAT (2016) PENGARUH KEADILAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA PEGAWAI (STUDI EMPIRIS PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN TANAH BUMBU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)

Abstract

Seorang Pegawai yang memiliki kinerja yang baik dapat membantu organisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan organisasi yang berujung pada peningkatan pelayanan publik. Kinerja para Pegawai khususnya di lingkungan Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menjadi permasalahan yang terus menerus diperbincangkan oleh publik (masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu) karena Instansi ini menyangkut langsung pada pelayanan publik. Berdasarkan fenomena yang terjadi kinerja yang rendah disebabkan oleh adanya pengaruh keadilan kompensasi seperti keadilan distributif kompensasi dan keadilan prosedural kompensasi serta kepuasan kerja.
Obyek penelitian Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan subyek dalam penelitian ini seluruh Pegawai yang bekerja di lingkungan Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif analisis deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, kuesioner dan wawancara yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan model persamaan struktural Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan software smart PLS (Partial Least Squares).
Hasil penelitian menyatakan keadilan distributif kompensasi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja, keadilan prosedural kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, keadilan distributif kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dan keadilan prosedural kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Secara umum upaya untuk meningkatkan kinerja dilihat dari variabel keadilan kompensasi dan kepuasan kerja yaitu dengan menerapkan kebijakan sistem penggajian dan kesempatan promosi yang adil dan transparan agar Pegawai merasa puas sehingga menghasilkan kinerja yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KEADILAN DISTRIBUTIF KOMPENSASI, KEADILAN PROSEDURAL KOMPENSASI, KEPUASAN KERJA, KINERJA.
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Manajemen S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jan 2022 01:35
Last Modified: 22 Jan 2022 01:35
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/26104

Actions (login required)

View Item
View Item