I MODEL PENGEMBANGAN SOFT SKILL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ULAMA DI PENDIDIKAN ULAMA TARJIH MUHAMMADIYAH PUTRI YOGYAKARTA

DEWI UMAROH (2016) I MODEL PENGEMBANGAN SOFT SKILL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ULAMA DI PENDIDIKAN ULAMA TARJIH MUHAMMADIYAH PUTRI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (514kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (659kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)

Abstract

*91 xiii
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model kompetensi soft skill yang diterapkan di Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah Putri dalam pembentukan karakter ulama.
Jenis penelitian ini adalah penelitian field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) Putri di Tundan, Ngrame, Tamantirto Utara, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan di PUTM Putri dan jumlah dibatasi berdasarkan karakteristik. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kompetensi soft skill yang dibutuhkan oleh ṭalabah PUTM Putri ada 8 yaitu leadership, motivasi, komitmen, manajemen diri, tanggung jawab, effort dan kepekaan. Pihak lembaga PUTM Putri sendiri tidak menentukan jenis kompetensi soft skill bagi ṭalabah. Model pengembangan soft skill di dalam kelas dan model pengembangan soft skill di luar kelas (asrama) adalah sama yaitu hidden curriculum dan message of the week. Faktor penghambat proses pengembangan soft skill ṭalabah ada dua yaitu dari pihak ṭalabah dan pimpinan.
Key-Word: soft skill dan karakter ulama

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *91 SOFT SKILL DAN KARAKTER ULAMA
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Jan 2022 02:33
Last Modified: 13 Jan 2022 02:33
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27255

Actions (login required)

View Item
View Item