ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN AKUPUNKTUR TERHADAP PELAYANAN AKUPUNKTURIS DOKTER DAN NON DOKTER DI YOGYAKARTA

Alstonia Marginata (2010) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN AKUPUNKTUR TERHADAP PELAYANAN AKUPUNKTURIS DOKTER DAN NON DOKTER DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

[thumbnail of Halaman Pengesahan] Text (Halaman Pengesahan)
Halaman Pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)

Abstract

Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakannya dengan harapannya. Kepuasan pasien sangat dipengaruhi oleh pemahaman terhadap kebutuhan dan keinginan pasien, serta kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas rumah sakit (dokter, perawat, dan karyawan lainnya). Akupunktur adalah teknik memasukkan atau memanipulasi jarum ke dalam "titik akupunktur" tubuh. Sedangkan seseorang yang mempunyai keahlian melakukan akupunktur dinamakan akupunkturis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kepuasan pasien akupunktur terhadap pelayanan yang diberikan oleh akupunkturis dokter dan non dokter. Jenis penelitian yang dilakukan adalah analitik observasional dengan study cross sectional. Subyek penelitian ini adalah semua pasien yang mendapat pelayanan akupunktur di klinik akupunktur Eliza dan klinik akupunktur Sumpani. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yang dipilih berdasarkan kriteria inklusi. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Hasil analisis data menunjukkan secara keseluruhan pasien akupunturis dokter puas terhadap pelayanan yang diberikan, yaitu sebesar 83,3%, sedangkan pasien akupunturis non dokter cukup puas terhadap pelayanan yang diberikan, yaitu sebesar 58,3%. Pengujian menggunakan uji chi square didapatkan p < 0,05 berarti ada perbedaan yang signifikan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan yang dilakukan oleh akupunkturis dokter dan non dokter.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id
Date Deposited: 31 Mar 2022 07:10
Last Modified: 31 Mar 2022 07:10
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28441

Actions (login required)

View Item
View Item