ARUM ASTIKA SARI (2012) PENGARUH KEAKRABAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (81kB)
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (288kB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (102kB)
BAB I.pdf
Download (208kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (617kB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (259kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (211kB)
BAB V.pdf
Download (32kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (138kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (330kB)
Abstract
Latar Belakang : ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) merupakan masalah yang cukup besar di Indonesia, berdasarkan survei yang dilakukan di sekolah dasar kecamatan Turi kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menunjukkan bahwa prevalensi anak ADHD sebesar 9,5%, sedangkan penelitian yang dilakukan di Amerika, didapatkan prevalensi anak ADHD sekitar 8,2%. Anak-anak ADHD cenderung memiliki kondisi kesehatan mental dan perkembangan saraf yang berbeda dari anak normal. Hal tersebut berhubungan dengan salah satu problem pada anak ADHD yaitu kesulitan belajar. Untuk mengetahui adanya kesulitan belajar pada anak ADHD dapat diukur berdasarkan keberhasilan prestasi belajarnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah keakraban orangtua. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui pengaruh keakraban orangtua terhadap prestasi belajar pada anak ADHD. Metode Penelitian : Penelitian ini menghubungkan keakraban orangtua dengan prestasi belajar akademik yang didapatkan oleh anak ADHD pada semester genapnya dengan sample sebanyak 30. Penelitian ini bersifat analitik non-eksperimental dengan pendekatan cross-sectional. Data didapatkan dengan menggunakan kuisioner, kemudian dilakukan uji korelasi-Spearman. Hasil Penelitian : Hasil analisis uji korelasi-Spearman menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang bermakna pada keakraban orangtua terhadap prestasi belajar pada anak ADHD dengan nilai p=0,684 (p>0,050). Kesimpulan : Pada penelitian ini tidak didapatkan pengaruh yang bermakna pada keakraban orangtua terhadap prestasi belajar pada anak ADHD. (p>0,050)
1 t • A L.&
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email kurniawan@umy.ac.id |
Date Deposited: | 01 Apr 2022 04:08 |
Last Modified: | 01 Apr 2022 04:08 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/28473 |