IZHAR ZAINI (2023) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KOMPETENSI DOSEN DI ERA 5.0 DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (953kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (515kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (272kB)
Bab I.pdf
Download (173kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (225kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (166kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (482kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (91kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (90kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (384kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Di era 5.0 seorang dosen harus memiliki kompetensi critical skill, technical skill dan 4 kompetensi berdasarkan undang-undang nomor 14 tahun 2005 yaitu kompetensi professional, pedagogic, kepribadian dan sosial. Di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammmadiyah Yogyakarta masih sering terdengar keluhan dari mahasiswa terkait dengan kompetensi dosen. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap kompetensi dosen PBA UMY di Era 5.0. di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pada penelitian kali ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, jumlah responden sebanyak seratus empat belas orang dan dianalisis menggunakan skala likert pemberian skor persentase dan tabulating. Hasil penelitian menunjukan rata-rata kompetensi professional dosen sebesar 81,35 yaitu (sangat baik), kompetensi pedagogic 80,02 (sangat baik), kompetensi sosial 78,95 (baik), dan kompetensi kepribadian 77,53 (baik). Adapun rata-rata kompetensi dosen di era 5.0 technical skill sebesar 79,83 (baik) dan critical skill sebesar 77,44(baik). Berdasarkan ke 6 indikator tersebut, secara keseluruhan persepsi mahasiswa terhadap kompetensi dosen di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebesar 79,3 (baik). Adapun dosen dengan persepsi mahasiswa tertinggi adalah dosen DG dengan nilai rata rata kompetensi professional yaitu 93,9 (sangat baik), kompetensi pedagogic 92,5 (sangat baik), kompetensi sosial 92,3 (sangat baik) dan kompetensi kepribadian 94,4 (sangat baik) adapun di Era 5.0 technikal skill 90,43 (sangat baik) dan critical skill 82,4 (sangat baik). Adapun persepsi terendah bagi mahasiswa adalah dosen DB dengan nilai rata rata kompetensi professional yaitu 80,8 (sangat baik), kompetensi pedagogic 64,4 (baik), kompetensi sosial 63,2 (baik) dan kompetensi kepribadian 56,7 (cukup baik) adapun di Era 5.0 technikal skill 75,4 (baik) dan critical skill 69,4 (baik). Jadi persepsi mahasiswa terhadap kompetensi dosen di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah baik. Adapun beberapa keluhan mahasiswa adalah adanya dosen yang kurang responsive, kurang menarik dalam menyampaikan materi. Oleh karena dalam penelitian ini mahasiswa memberikan masukan agar dosen menjadi lebih responsive dan lebih meningkatkan kemampuan pedagogiknya sehingga bisa menyampaikan materi dengan lebih menarik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perception, Lecturer Competence, Students, Era |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | M. Erdiansyah |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 03:58 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 03:58 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/42361 |