PENGARUH IMPLEMENTASI SHARIAH GOVERNANCE TERHADAP LOYALITAS NASABAH MELALUI REPUTASI BANK SYARIAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI EMPIRIS PADA NASABAH BANK UMUM SYARIAH DAN UNIT USAHA SYARIAH DI

ANNISA APRILIANI (2016) PENGARUH IMPLEMENTASI SHARIAH GOVERNANCE TERHADAP LOYALITAS NASABAH MELALUI REPUTASI BANK SYARIAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI EMPIRIS PADA NASABAH BANK UMUM SYARIAH DAN UNIT USAHA SYARIAH DI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (458kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (694kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan syariah saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat dan menjadi bagian dari kehidupan keuangan di dunia Islam. Namun pada awal tahun 2015 perkembangan jumlah aset dan Dana Pihak Ketiga (DPK) mengalami penurunan. Hal ini disebabkan karena masih banyaknya anggapan masyarakat bahwa bank syariah dan bank konvensional adalah sama serta masyarakat masih meragukan kepatuhan bank syariah terhadap syariah. Oleh karena itu diperlukan strategi pengembangan melalui implementasi shariah governance. Shariah governance diharapkan dapat berdampak pada reputasi bank syariah dan menciptakan kepercayaan nasabah terhadap bank syariah yang pada akhirnya dapat meningkatkan pangsa pasar bank syariah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi shariah governance terhadap reputasi dan loyalitas nasabah. Objek penelitian ini adalah nasabah Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah di Jawa Barat. Sampel yang digunakan berjumlah 129 responden dengan purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh berdasarkan jawaban responden terhadap angket yang dibagikan peneliti kepada nasabah bank syariah di Jawa Barat. Pengukuran instrumen menggunakan skala likert 1-5 dari Sangat Tidak Setuju (STS0 sampai yang Sangat Setuju (SS). Untuk menguji pengaruh implementasi syariah governance terhadap reputasi dan loyalitas nasabah digunakan program SPSS 22.
Dari hasil pengolahan data dengan menggunakan uji regresi sederhana dan regresi berganda membuktikan bahwa shariah governance berpengaruh positif signifikan terhadap reputasi bank syariah, sharaih governance berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas nasabah, dan reputasi bank syariah berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas nasabah. Hal ini menunjukkan bahwa shariah governance dan reputasi bank syariah mempunyai andil yang besar dalam menjalin kemitraan dengan bank syariah dan memutuskan untuk tetap mempertahankan bank syariah.
Kata kunci : Bank Syariah, shariah governance, reputasi, loyalitas

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: BANK SYARIAH, SHARIAH GOVERNANCE, REPUTASI, LOYALITAS
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 02 Feb 2022 02:48
Last Modified: 02 Feb 2022 02:48
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/24038

Actions (login required)

View Item
View Item